Arsip Blog

Senin, 03 Juni 2024

Pembinaan Peningkatan Stratifikasi UKS/M Sekolah Bersih dan Sehat Kecamatan Sambutan di SMP Negeri 9 Samarinda Tahun 2024

Samarinda - Pemerintah Kota Samarinda memiliki atensi yang sangat besar terhadap upaya yang dilakukan oleh Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) dalam rangka menciptakan lingkungan sekolah yang sehat.

Kegiatan pembinaan dan Stratifikasi UKS/M dilaksanakan pada hari Senin, (3/5/2024) hari pukul 10:00 Wite hingga selesai di ruangan UKS SMP Negeri 9 Samarinda.

https://youtube.com/shorts/c6bAKvxBMb4?si=40BA3tsUGIa8SkAk

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala SMP Negeri 9 Samarinda Ibu Reni Mulyati, Ibu Halimah selaku Koordinator UKS sekolah. Bapak Supardi, Bapak Muhammad Hasyim, Sekretaris Camat Sambutan Bapak Muhammad Joni, Bapak Rahmatullah Staff Kecamatan Sambutan, Ibu Anita R.A. Sitorus dari Puskesmas Sambutan. 

Namun, sebelumnya pada hari Jumat, 31 Mei 2024 dilakukan kunjungan dari Tim Puskesmas Sambutan yang terdiri dari Ibu Deasy Novianti, Ibu Octaviani Menimpa, Bapak Sandri dan Bapak Tio Hizrianda Zulfi melakukan pembinaan di SMP Negeri 9 Samarinda.




Menyikapi program ini, TP UKS/M Kecamatan Sambutan turut berupaya mewujudkan pengembangan UKS/M dengan melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap UKS/M di Kecamatan Sambutan.  Ada 6 sekolah yang mendapatkan kunjungan pembinaan dari Tim UKS Kecamatan, UKS Kelurahan dan Pimpus Sambutan yang terdiri dari sekolah jenjang 1 TK/RA (TK Cahaya Islam), 1 sekolah jenjang SD/MI (SDN 022, 4 sekolah jenjang SMP/MTS (SMP Negeri 9, SMP Negeri 32, SMP Negeri 23), dan 1 sekolah jenjang SMA, SMK/MA (SMA Negeri 11).

Tujuan utama dari diselenggarakannya pembinaan ini agar seluruh Kepala Sekolah/Madrasah di Kecamatan Sambutan memiliki standar yang sama dalam pelaksanaan program UKS/M. Selain itu untuk mencapai target TP UKS/M Kota Samarinda yaitu meningkatnya stratifikasi level UKS/M maka dibutuhkan proses yang kontinyu dan berkelanjutan.




Tujuan lainnya dari Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah yaitu untuk membina dan meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jenjang pendidikan. Salah satu indikator keberhasilan dalam pembinaan dan pelaksanaan UKS/M dapat diukur melalui stratifikasi UKS/M. Stratifikasi UKS/M terbagi menjadi 4 yaitu Minimal, Standar, Optimal dan Paripurna. Maka melalui kegiatan pembinaan yang dilaksanakan TP UKS/M Kecamatan Sambutan akan diperoleh data pemetaan stratifikasi masing-masing UKS/M serta sebagai bahan masukan untuk pengambilan kebijakan guna meningkatkan stratifikasi UKS/M di wilayah Kecamatan Sambutan. Sehingga target program kegiatan Tim Pembina UKS/M Kota Samarinda yaitu tidak ada sekolah yang memiliki strata minimal pada Tahun 2024 dapat terealisasi. (Lyn-Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar