Arsip Blog

Senin, 03 Juni 2024

Kegiatan Post Test AKM Kampus Mengajar Unmul Angkatan ke-7 di SMPN 9 Samarinda

Samarinda - Program Kampus Mengajar adalah salah satu kanal pendidikan yang menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk melakukan pembelajaran dan pelatihan di luar kampus dengan menjadi mitra guru di sekolah dalam pengembangan model pembelajaran serta meningkatkan pembelajaran literasi dan numerasi sekolah. Salah satu mahasiswa Universitas Mulawarman yang mengikuti program kampus mengajar di SMP Negeri 9 Samarinda ini sebanyak 6 orang, diantara yaitu Suci Zahra selaku ketua angkatan, Klaupenia Endrylen, Annisa Arta Wuri, Siti Sabina, Anggellya Kristin dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mulawarman (Unmul).

Suci dan teman-temannya tertarik dengan program kampus mengajar karena program ini dapat menjadi bekal dan pengalaman bagi masa depannya. Melalui program kampus mengajar dia bisa mencoba hal baru yang mengesankan, mendapatkan benefit uang saku dan bebas KKN, mendapatkan sertifikat kegiatan, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Peserta Program Kampus Mengajar ditempatkan di sekolah yang memang membutuhkan bantuan tenaga, pikiran, dan waktu pihak lain. Suci selaku ketua angkatan menyampaikan, " kami membangun komunikasi dengan para siswa untuk mengetahui apa yang dibutuhkan serta diinginkan para siswa", ungkapnya.

Kami juga selalu bercerita bagaimana indahnya hidup penuh cita-cita dan tujuan Selain itu, kami juga senang mengapresiasi siswa yang aktif dengan memberikan sedikit hadiah supaya siswa tahu bahwasanya masih ada orang yang bangga dan menghargai kerja keras serta usahanya. Diharapkan mereka akan memiliki pemikiran bahwa pendidikan itu penting untuk diri sendiri dan masa depannya kelak.


Program Kampus Mengajar memberikan pelatihan AKM Kelas (alat bantu guru di kelas untuk mendiagnosis hasil belajar setiap individu murid) untuk mengukur kemampuan pembelajaran siswa. Pada awal kegiatan program ada pre-test AKM yang menunjukan hasil nilai para siswa yang sangat rendah. Untuk itu peserta program melakukan pelatihan pembelajaran yang menyenangkan kemudian membuat program meningkatkan kreativitas siswa. Pada akhir kegiatan dilakukan post-test AKM dengan nilai yang diperoleh siswa mengalami peningkatan. Kegiatan Post AKM ini diadakan pada hari Senin, 3 Mei 2024 di ruangan Laboratorium Komputer dan diikuti oleh siswa-siswi kelas 8 sebanyak 13 orang dan kegiatan Post-Test AKM Kampus Mengajar Unmul ini pun berjalan dengan lancar hingga akhir, berkat dukungan dari semua pihak baik siswa maupun sekolah .



Editor : Lyn-Humas SMPN 9 SMD

Dokumentasi : Bina (KM-7 Unmul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar