Arsip Blog

Senin, 10 Juni 2024

Kegiatan Sikat Gigi Masal di SMP Negeri 9 Samarinda

Samarinda - Sikat gigi masal adalah kegiatan menyikat gigi yang dilakukan bersama-sama di bawah bimbingan instruktur seperti guru, petugas kesehatan, atau kader. Sikat gigi massal berguna untuk mencegah resiko tinggi terjadinya kerusakan gigi pada siswa sekolah menengah. SMP Negeri 9 Samarinda pun ikut serta mendukung program ini dengan menyelenggarakan sikat gigi masal di lapangan sekolah, Senin (10/6/2024).

https://youtube.com/shorts/RsOFW1Ockck?si=0WxtgbhMsc5KxoUm







Tujuan kegiatan sikat gigi masal adalah untuk mengubah perilaku para peserta didik kearah yang sehat, sehingga tercapai derajat kesehatan gigi dan mulut yang optimal.

Oleh karena itu, pencapaian target penyuluhan adalah dapat menjalankan perilaku kearah sehat dalam kehidupan sehari-hari terutama mengenai kesehatan gigi dan mulut.





SMP Negeri 9 Samarinda mendukung digelarnya kegiatan sikat gigi massal dan periksa kesehatan anak. Dengan kegiatan ini anak diajarkan cara menyikat gigi yang benar dengan menggunakan sikat gigi, dan juga diberi pengetahuan betapa pentingnya menjaga kesehatan pada gigi dengan baik dan benar. 









Setelah kegiatan gosok gigi massal selesai, peserta didik juga diperiksa dalam hal berat dan tinggi badan, gigi, telinga, serta kuku.  juga berharap kepada orang tua agar lebih ekstra lagi dalam memperhatikan kebersihan dan kesehatan anak, terutama dalam hal kebersihan telinga dan kuku.








Mengajak anak-anak untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Sementara itu Koordinator UKS, Ibu Halimah mengatakan bahwa sebelumnya, anak-anak memang sudah diminta untuk menyiapkan sikat gigi, dari rumah, kemudian di sekolah disiapkan Pasta Gigi (Odol) dan air di gelas.







"Kami ingin melalui kegiatan gosok gigi massal ini, anak-anak bisa menjadi sehat, tangguh, dan berkarakter melalui pola hidup bersih dan sehat, baik di rumah dan sekolah," paparnya. (Lyn-Humas)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar