Arsip Blog

Minggu, 08 September 2024

Tanam Sendiri, Nikmati Hasilnya! Mahasiswa PLP-KKN Unmul Angkatan 50 Kelompok 59 & 149 Melakukan Kegiatan Pembuatan Hidroponik di SMPN 9 Samarinda

Samarinda - Dalam rangka mendukung program Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 9 Samarinda, para mahasiswa yang melaksanakan PLP - KKN terintegrasi Universitas Mulawarman sebanyak 10 orang mengembangkan budidaya tanaman sayur hidroponik dengan menggunakan media air, pada hari Sabtu, 31 Agustus 2024.

https://youtube.com/shorts/9OVM47AgTFY?si=AJ1Ny_yu7l59NeqW



Dijelaskannya, hidroponik merupakan metode menanam tumbuhan tanpa menggunakan media tanah, karena cara menanam ini memanfaatkan solusi nutrisi mineral yang ada di dalam air alias menjadikan air sebagai media tanam. “Bercocok tanam ala hidroponik ini dapat membuat tanaman mendapatkan nutrisi dengan menggunakan air. Hal ini menyebabkan pertumbuhan tanaman hidroponik lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan dengan tanam konvensional pada umumnya” kata Hendra ketua angkatan.



Guna mensukseskan program Sekolah Adiwiyata melalui Program Sekolah Hijau, berbagai upaya telah dilakukan tidak hanya pelatihan dan edukasi tetapi juga melakukan aplikasi dan aksi nyata di sekolah. Selain itu Program Sekolah Hijau melalui budidaya tanam hidroponik nantinya dapat dijadikan sebagai proyek penugasan siswa melalui kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka. Untuk sementara mulai pembibitan dan pemeliharaan ditangani oleh tim komunitas praktek hidroponik yang terdiri dari guru dan kader Adiwiyata secara bergantian sesuai dengan pembagian jadwal untuk merawat setiap hari, yang di koordinator oleh Ibu Dra. Ni Ketut Hartinawati. Jenis tanaman Hidroponik sementara yang dikembangkan adalah : Selada Hijau, Pakcoy, serta Tanaman Mint. (Lyn-Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar