Arsip Blog

Jumat, 13 September 2024

Kegiatan pembinaan PKS (Patroli Keamanan Sekolah) Tingkat SMP dan SMA/K sederajat Oleh SATLANTAS POLRESTA SAMARINDA

Samarinda - PKS adalah singkatan dari Patroli Keamanan Sekolah. Jika kita mendengar kata Patroli, tentunya kita teringat tugas-tugas pengawasan daerah sesuai dengan perincian tugas yang dibebankannya, Misalnya Patroli Jalan Raya (PJR) adalah patroli Polisi Lalu Lintas yang tugasnya mengadakan pengawasan keamanan, ketertiban, kelancaran lalu lintas sepanjang jalan tersebut. Begitu pula PKS tidak jauh beda tugasnya dengan PJR tetapi yang membedakannya adalah ruang lingkup tugasnya, PJR bertugas disepanjang jalan raya sedangkan PKS di lingkungan sekolah serta jalan menuju ke sekolah.




PKS adalah suatu organisasi yang merupakan wadah partisipasi para pelajar (SLTP/SLTA) yang berminat di bidang kelalu lintasan di bawah naungan kepolisian.

PKS perlu dibentuk karena sebagai upaya menanamkan kesadaran hukum dan peraturan-peraturan lalu lintas sedini mungkin kepada para remaja umumnya dan pelajar pada khususnya, sehingga kelak dikemudian hari akan menjadi generasi yang telah memiliki disiplin dan sopan santun lalu lintas, selanjutnya mengamalkan serta melaksanakan sebagai pamakai jalan yang baik.

Sehubungan dengan hal  tersebut, maka Satlantas Polresta Samarinda melakukan kegiatan pembinaan PKS (Patroli Keamanan Sekolah) yang dilaksanakan selama tiga  hari dari tanggal 9-11 September 2024 di Aula Wiratama Polresta Samarinda.





Ada sebanyak 16 sekolah menengah pertama yang ditunjuk dan SMP Negeri 9 Samarinda yang dipilih ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan pembinaan PKS ini. Adapun sekolah menengah pertama yang dipilih diantaranya yaitu SMPN 2, SMPN 3, SMPN 36, SMPN 9, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 22, SMPN 37, SMPN 1, SMPN 34, SMPN 8, SMPN 10, MTSN MODEL, SMP Cendana DDI, SMP Islamic Center dan SMP Muhammadiyah 2 Samarinda.
 
Oleh karena itu masalah lalu lintas merupakan tanggung jawab kita bersama termasuk pelajar, maka sebagai rasa tanggung jawab para pendidik dan petugas dibidang lalu lintas menganggap perlu membentuk suatu wadah untuk menampung kegiatan para pelajar dan pemakai jalan disekitar sekolah masing-masing dan wadah tersebut adalah Patroli Keamanan Sekolah. (Lyn-Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar