Arsip Blog

Minggu, 22 September 2024

Sosialisasi Nilai-nilai Integritas dari Inspektorat Kota Samarinda di SMP Negeri 9 Samarinda

Samarinda - Pendidikan karakter bagi pelajar sangat penting untuk membiasakan mereka menjalankan berbagai hal positif dan membangun karakter yang baik. Proses membiasakan diri merupakan kunci keberhasilan bagi seseorang. Pelajar yang memiliki integritas bukan hanya mencerminkan karakter yang kuat, tetapi juga memiliki keunggulan yang luar biasa dalam menghadapi tantangan masa depan. 

Mereka memiliki pondasi yang kokoh untuk mengembangkan diri sebagai pemimpin yang bertanggung jawab, jujur, dan beretika. Mereka juga menunjukkan keberanian untuk berdiri teguh dalam menghadapi godaan dan menolak terlibat dalam perilaku yang merugikan. Pelajar berintegritas juga memiliki kecenderungan untuk memimpin dengan contoh dan mempengaruhi orang di sekitar mereka dengan kejujuran, integritas, dan moralitas yang tinggi.






Dalam kesempatan ini pada hari Kamis (19/9/2024), Inspektorat Kota Samarinda melakukan Sosialisasi Nilai-nilai Integritas kepada seluruh siswa-siswi SMP Negeri 9 Samarinda, untuk meningkatkan pemahaman para pelajar tentang nilai-nilai Integritas, pentingnya menciptakan karakter yang berintegritas sebagai bentuk antisipasi pencegahan korupsi.

Pemaparan sosialisasi ini  oleh Ibu Siti Nur Aini, Ibu Tirta Nisa dan Ibu Wulan dari Inspektorat Kota Samarinda. Melalui pendidikan diharapkan setiap orang tidak berkeinginan untuk berbuat korupsi, dimulai sejak dini dan dari hal yang terkecil.




Sebagai Pelajar Pancasila yang unggul dalam kepribadian dan moral sudah semestinya menjauhi korupsi dengan menanamkan nilai antikorupsi yang kuat di dalam jiwa. Nilai-nilai antikorupsi seperti Jujur, Mandiri, Adil, Tanggungjawab, Berani, Sederhana, Peduli, Disiplin, dan Kerja Keras harus senantiasa dipupuk dan dikuatkan terus menerus. Sekolah sebagai lembaga pendidikan juga berperan aktif dalam membangun nilai antikorupsi. 

Biasakanlah berbuat yang benar, jangan benarkan yang biasa. Kira-kira itulah yang harus kita lakukan. Mulai dari kehidupan sekolah, kita hilangkan kebiasaan negatif seperti mencontek, memanipulasi, penyalahgunakan anggaran, tidak amanah, titip absen, dan lain-lain. Gantilah dengan kebiasaan yang benar dan penuh nilai integritas.








Harapan utama dari kegiatan ini adalah para pelajar dapat terus bersemangat dalam belajar, membentuk karakter diri, dan menanamkan nilai integritas. Masa depan bangsa ini ada di tangan kita semua, karenanya kita harus memutus mata rantai korupsi sekarang juga. Menciptakan generasi pelajar yang memiliki integritas tinggi merupakan tugas kita bersama. Dengan mereka memiliki nilai-nilai integritas yang kuat pelajar akan menjadi pemimpin masa depan yang jujur, bertanggung jawab, dan beretika. Masyarakat yang didominasi oleh pelajar berintegritas akan menghadirkan perubahan yang positif, menciptakan lingkungan yang lebih adil, harmonis, dan berkelanjutan. (Lyn-Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar