Arsip Blog

Kamis, 12 September 2024

Pelaksanaan ANBK di SMP Negeri 9 Samarinda Tahun 2024

Samarinda - Dalam rangka memantapkan program pemerintah khususnya untuk meningkatkan mutu pendidikan, maka SMP Negeri 9  Samarinda menyelenggarakan kegiatan Simulasi ANBK yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 8 selama 2 hari yaitu hari Rabu dan Kamis dari tanggal 11 - 12 September 2024 di ruang Laboratorium Komputer.



Perlu diketahui bersama bahwa Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan salah satu Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Berbeda dengan UNBK yang dilaksanakan pada akhir tahun sekolah, ANBK dikerjakan oleh peserta didik di kelas 5 SD, kelas 8 SMP, dan kelas 11 SMA/SMK.





Program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. (Lyn-Humas)

https://youtube.com/shorts/tFuTbCzAoYE?si=1JpcP3RkgBkigHdt


Tidak ada komentar:

Posting Komentar