Arsip Blog

Kamis, 12 September 2024

Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan (Screening) untuk Siswi Kelas 7 SMP Negeri 9 Samarinda Tahun 2024

Samarinda- Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah (Screening) merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik.

https://youtube.com/shorts/A0CBJPOyEwI?si=o5flzh31yb-KNrKF




Pemeriksaan kesehatan berkala bagi anak sekolah merupakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dasar yang bertujuan untuk mengetahui status kesehatan peserta didik sebagai salah satu upaya deteksi dini jika peserta didik mengalami masalah kesehatan yang perlu ditindaklanjuti lebih serius lagi dengan cara dirujuk ke puskesmas. Oleh sebab itu, pelaksanaan program pemeriksaan kesehatan berkala sangat penting karena dengan adanya program pemeriksaan kesehatan berkala ini kegiatan UKS menjadi lebih hidup dan dapat diketahui tingkat kesehatan peserta didik. Kegiatan ini merupakan program rutin puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan anak sekolah di wilayah kerja Puskesmas Sambutan. Pemeriksaan berkala dilaksanakan pada hari Rabu, 11 September 2024 di UKS SMP Negeri 9 Samarinda.


Kegiatan tersebut tidak hanya memeriksa kesehatan anak didik tetapi memberikan Penyuluhan kepada peserta didik oleh petugas Promkes Puskesmas Sambutan, sehingga anak sekolah mengerti/paham tentang kesehatan serta mampu menjaga kesehatannya. Pemeriksaan berkala dilaksanakan terdiri dari pemeriksaan tinggi badan, berat badan, kesehatan mata, kesehatan gigi, telinga dan pemeriksaan HB bagi remaja putri. Pemeriksaan berkala dilakukan tiap 6 bulan sekali, untuk tahun ajaran baru untuk siswa kelas 7.





Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran  peserta didik sejak dini cara hidup bersih dan sehat yang dapat dimulai dari lingkungan sekolah dan dapat di terapkan dimana pun mereka berada. (Lyn-Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar