Arsip Blog

Senin, 15 Juli 2024

Pembukaan MPLS SMP Negeri 9 Tahun Ajaran 2024/2025

Samarinda - Pembukaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di SMP Negeri 9 Samarinda berlangsung selama tiga hari dari tanggal 15 - 17 Juli 20224. Upacara pembukaan MPLS berlangsung pada hari ini, Senin ( 15/7/2024) bertempat di lapangan sekolah. MPLS ini resmi dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Samarinda Ibu Reni Mulyati, S.Pd., M.Pd. Upacara pembukaan diikuti oleh Dewan Guru, Staff Tata Usaha, OSIS, dan seluruh siswa 9, 8 dan juga siswa baru kelas 7 yang berbaris berdasarkan masing-masing kelompok.

https://youtu.be/0mEmnZzAMLo?si=wRjuuZuWniiPJKxe

https://youtube.com/shorts/yEGki9vxLaI?si=bYH6mIN0sNB44GFJ




Tujuan diadakannya MPLS ini adalah memperkenalkan siswa baru pada lingkungan sekolah yang baru mereka masuki. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.

Dalam sambutannya kepala sekolah mengatakan kegiatan MPLS ini merupakan kegiatan yang positif dan akan memberikan banyak manfaat bagi para siswa baru terutama dalam menambah wawasan Wiyata Mandala mengenai pengenalan lingkungan sekolah. Maka diharapkan para siswa baru dapat mengikuti kegiatan MPLS ini dengan baik. Beliau memberikan motivasi untuk siswa baru agar selalu bersemangat dalam menuntut ilmu. Dan semua itu harus diimbangi dengan kedisiplinan, mematuhi aturan tata tertib sekolah yang berlaku. 








MPLS merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa ketika pertama kali masuk ke jenjang sekolah baru. Kegiatan ini biasanya diselenggarakan selama tiga hari dengan tujuan mengenalkan siswa baru dengan program, sarana dan prasarana, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, serta pembinaan awal kultur sekolah.

Kegiatan MPLS dapat menjadi ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan melalui perkenalan antar-sesama siswa baru, guru, maupun karyawan di sekolah.




Saat MPLS, siswa baru juga diperkenalkan dengan berbagai jenis kegiatan yang ada dan rutin diselenggarakan di lingkungan sekolah.






Melansir laman resmi Kemdikbud, terdapat beberapa tujuan dari pelaksanaan kegiatan MPLS. Berikut penjelasan maksud  dan tujuan MPLS di sekolah yaitu:

1. Mengenali potensi yang terdapat di dalam diri siswa baru;

2. Membantu siswa baru dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;

3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;

4. Mengembangkan interaksi yang positif antar-siswa dan warga sekolah lainnya, seperti guru dan staf di lingkungan sekolah;

5. Menumbuhkan sikap dan perilaku yang positif seperti kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat guna mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.















Pada dasarnya, setiap sekolah memiliki materi yang berbeda-beda dalam pelaksanaan MPLS. Materi tersebut tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing sekolah yang bersangkutan. Berikut beberapa materi MPLS yang dilaksanakan di SMP Negeri 9 Samarinda yaitu:

1. Pengenalan Kurikulum Sekolah dan Staff/Pengajar.

2. Pengenalan Tata Tertib Sekolah.

3. Tata Krama dan Etika Berkomunikasi

4. Pengenalan Fasilitas Sarana Sekolah 

5. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

6. Pendidikan Karakter PPK dan Implementasinya.

7. Pembinaan Mental 

8. Pengenalan Visi dan Misi Sekolah 

9. Pengenalan Seni dan Budaya Kebhinekaan Suku, Agama

10. Kegiatan PPDB dan Kepramukaan 

11. Sosialisasi Program Sekolah 

12. Pencegahan Kekerasan di Satuan Pendidikan 

13. Sosialisasi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar