Arsip Blog

Jumat, 12 Juli 2024

Kegiatan Pra MPLS SMP Negeri 9 Samarinda Tahun Ajaran 2024/2025

Samarinda - Dalam rangka mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, setiap tahun ajaran baru, sekolah menyelenggarakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru.



Sebelumnya, kegiatan pengenalan lingkungan sekolah disebut dengan istilah Masa Orientasi Siswa (MOS). Namun, seiring berjalannya waktu, MOS identik dengan penganiayaan terhadap siswa baru serta tindakan senioritas diganti. Oleh karena itu, istilah MOS diganti dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru (MPLS). Tujuan utamanya sama, hanya nama dan aturannya yang berubah. Segala bentuk perpeloncoan terhadap siswa baru sudah ditiadakan dan diubah dengan kegiatan positif yang bermuatan karakter.



Dalam rangkaian agenda tersebut, ada yang disebut sebagai Pra MPLS. Pra MPLS merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang mesti diikuti peserta didik baru di sekolah. Saat pra MPLS, siswa baru akan diberikan briefing terkait kegiatan MPLS pada tanggal yang sudah dijadwalkan. Kegiatan pra MPLS yang dijalani siswa kebanyakan mencatat dan latihan.

Informasi yang dicatat siswa saat pra MPLS di antaranya definisi MPLS, peraturan peraturan selama kegiatan berlangsung, perlengkapan, serta materi. SMP Negeri 9 Samarinda mengadakan Pra MPLS pada hari Jumat, 12 Juli 2024.




Selengkapnya, berikut kegiatan pra MPLS yang biasanya dijalani oleh siswa baru.

📌 Latihan upacara MPLS

📌 Pembagian kelompok

📌 Penyampaian informasi pengantar terkait MPLS

📌 Penjelasan terkait aturan MPLS

📌 Penjelasan daftar materi MPLS

📌 Pencatatan perlengkapan yang perlu dibawa saat MPLS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar