Arsip Blog

Kamis, 08 Agustus 2024

Seminar Kepemimpinan "Membangun Jiwa Kepemimpinan di Usia Muda" SMPN 9 Samarinda Tahun 2024

Samarinda - Memiliki jiwa kepemimpinan penting untuk dimiliki seseorang. Namun, jiwa kepemimpinan tidak tumbuh begitu saja melainkan harus dipupuk dengan proses yang cukup panjang. Jiwa kepemimpinan adalah kemampuan untuk memimpin, memotivasi, dan mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

https://youtube.com/shorts/55BPvTtOKgE?si=zcGawp-tVt3POJZ-



Kemampuan ini bukan hanya milik orang dewasa, tetapi juga bisa dikembangkan sejak usia remaja. Anak-anak usia remaja merupakan saat yang tepat untuk mulai melatih jiwa kepemimpinan mereka. Sebab, di usia ini ada banyak cara menumbuhkan karakter anak dan kepemimpinan.

SMP Negeri 9 Samarinda bersama Mahasiswa KKN - PLP Angkatan 50 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman 2024.Mengadakan Seminar Kepemimpinan " Membangun Jiwa Kepemimpinan di Usia Muda" bersama Narasumber Al-Fajr Nur (Wapres BEM KM Unmul) untuk siswa-siswi SMP Negeri 9 Samarinda dan juga anggota OSIS pada hari Kamis, 8 Agustus 2024.




Jiwa kepemimpinan adalah kombinasi dari keterampilan, sifat, dan sikap yang memungkinkan seseorang untuk menjadi pemimpin yang efektif. Ini termasuk kemampuan berkomunikasi dengan baik, menginspirasi orang lain, bekerja dalam tim, mengambil tanggung jawab, dan mengambil inisiatif.

Mengembangkan jiwa kepemimpinan pada anak sejak usia dini dapat membantu mereka menjadi individu yang lebih percaya diri, mandiri, dan mampu mengatasi tantangan. Kemampuan menginspirasi memiliki jiwa kepemimpinan memungkinkan seseorang untuk menginspirasi orang lain, memotivasi mereka untuk mencapai tujuan bersama.



Kepemimpinan membantu seseorang mengembangkan keterampilan komunikasi, pengambilan keputusan, dan manajemen waktu. Kemampuan Mengatasi Tantangan: Pemimpin yang kuat memiliki kemampuan untuk mengatasi tantangan dan menghadapi situasi sulit dengan percaya diri.

Peningkatan karier keterampilan kepemimpinan yang baik sering kali membantu dalam kemajuan karier dan memimpin tim atau organisasi dengan sukses. Memiliki jiwa kepemimpinan memungkinkan seseorang untuk memberikan kontribusi positif dalam masyarakat dan mempengaruhi perubahan yang bermanfaat. (Lyn-Humas)





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar