Arsip Blog

Selasa, 13 Agustus 2024

Pembinaan Peningkatan Stratifikasi UKS/M Sekolah Bersih dan Sehat Kecamatan Sambutan di SMP Negeri 9 Samarinda Tahun 2024

Samarinda - Kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia yang harus menjadi perhatian dan tanggung jawab bersama seluruh masyarakat, baik secara individu maupun kolektif. Paradigma sehat sudah harus ditanamkan pada masyarakat sejak usia dini sebagai modal untuk membentuk perilaku.

Pemerintah Kota Samarinda memiliki atensi yang sangat besar terhadap upaya yang dilakukan oleh Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) dalam rangka menciptakan lingkungan sekolah yang sehat.

Kegiatan pembinaan dan Stratifikasi UKS/M dilaksanakan pada hari Selasa, (13/8/2024) hari pukul 10:00 Wite hingga selesai di ruangan UKS SMP Negeri 9 Samarinda.

https://youtube.com/shorts/EvgBYqE7_bo?si=ICcOWNFQ35o5mKqb






Dalam hal ini, lembaga pendidikan merupakan salah satu aktor penting dalam membentuk paradigma sehat sejak dini pada anak, terutama mengingat banyaknya waktu yang dihabiskan seorang anak di sekolah. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh SMP Negeri 9 Samarinda.









SMP Negeri 9 Samarinda mendapatkan kunjungan dari TIM UKS Kota Samarinda, Kecamatan dan Kelurahan Sambutan dan Puskesmas Sambutan. Dari Tim UKS Kota Samarinda yang diwakili oleh Bapak Saharuddin, S Pd., M.M, Ibu Helena, M.Pd, Bapak Suntoro, Bapak Ferry Syah, Bapak Edi Sultomi, Ibu Dra. Nurwina Rahmayanti, Ibu Yulianti, Ibu Rahimah Rahayu. Sedangkan dari  Kecamatan Sambutan Ibu Norbaiti Zarta .SE M.Si (Camat), Bapak Mohammad Joni .SE (Sekcam), Bapak Agus Soeharyoko .S E (Kasi kesra) dan Bapak Rahmatullah (Staf). Sedangkan dari Kelurahan Bapak Nurul Huda (Kasi Kesra). Dan dari Puskesmas Sambutan oleh Bapak Sandri, A.MdKL, Bapak Tio Hizrianda Zulfi, S.KM dan Ibu Dessy Novianti, S.KM. Sedangkan dari SMP Negeri 9 Samarinda turut hadir Kepala Sekolah Ibu Reni Mulyati, S.E, M.Pd dan Ibu Halimah, S.Ag selaku Koordinator UKS sekolah serta para Bapak/Ibu guru.















Dalam menanamkan pentingnya hidup sehat sejak dini di kalangan siswa-siswinya, sekolah tentu tidak bergerak sendirian. Bekerja sama  dengan Puskesmas Sambutan sebagai unit layanan kesehatan yang terdekat dengan masyarakat, siswa-siswi di Sambutan rutin mendapatkan kunjungan edukasi terkait pola hidup sehat bagi anak dan remaja. Salah satu bentuk edukasi dilakukan melalui kegiatan penjaringan (termasuk pemeriksaan kesehatan bagi murid) dan pembinaan mengenai beragam materi seperti PHBS di sekolah, kesehatan gigi dan mulut, cuci tangan pakai sabun, tidak buang air besar sembarangan, sanitasi dasar, kebersihan personal, gizi seimbang dan masih banyak lagi. Serta Tim UKS/M Kota Samarinda,  Kecamatan dan Kelurahan Sambutan.










Khusus kategori Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah, ahli gizi/programmer gizi Puskesmas memiliki jadwal kunjungan ke seluruh sekolah dengan agenda memantau 8 indikator sekolah sehat. Di antaranya, persediaan air bersih dan jamban, sekolah bebas asap rokok, pemberantasan sarang nyamuk di lokasi sekolah, kantin sehat, dan pemantauan aktivitas fisik anak sekolah. Selain itu, programmer gizi juga sekaligus melakukan sweeping gizi. Bagi anak yang terdeteksi menderita gizi kurang, petugas puskesmas memberikan intervensi berupa edukasi dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) anak sekolah yang didistribusikan oleh Kementerian Kesehatan. Programmer gizi, promosi kesehatan dan pihak sekolah sepakat bekerja sama melakukan upaya kesehatan di sekolah untuk menciptakan sekolah yang peduli kesehatan. (Lyn-Humas)



.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar