Arsip Blog

Rabu, 01 Mei 2024

Pengenalan Teknik Ecoprint di SMPN 9 Samarinda oleh Mahasiswa Kampus Mengajar Unmul

Samarinda -;Ecoprint merupakan salah satu teknik pewarnaan dan pemberian motif pada kain dengan bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan seperti kulit batang pohon, daun, bunga atau bagian tumbuhan lain yang mengandung pigmen warna. Daun tumbuhan yang sering digunakan untuk ecoprint diantaranya yaitu daun jati, daun kelor, daun jarak dan lain sebagainya.

Pada hari Rabu, 29 April 2024 bertepatan di kelas 8-A para siswanya diberikan pembelajaran oleh para Mahasiswa Kampus Mengajar dari Universitas Mulawarman, ada sekitar 5 mahasiswa yang mengabdi di SMP Negeri 9 Samarinda yang diketuai oleh Suci Zahra dengan membuat Totebag.

https://youtu.be/JaUujMgdLOw?si=XX90MLuwMRPQckoq


Totebag ecoprint adalah seni mencetak motif alami pada permukaan kain dengan menggunakan bahan-bahan organik dan ekologis. Totebag yang dihiasi dengan corak cantik yang dihasilkan dari daun, bunga, dan bahan-bahan alami lainnya. Totebag ini tidak hanya memiliki keindahan visual yang menawan, tetapi juga menjadi simbol kesadaran kita akan keanekaragaman alam dan pentingnya melestarikan lingkungan.

Dalam pembelajaran ecoprint ini siswa dapat memanfaatan lingkungan dengan mencari daun- dedaunan yang ada di sekitar sekolah maupun disekitar tempat tinggal. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar akan memperkaya pengetahuan dan wawasan tentang kekayaan dan keragaman alam serta sosial. Mereka bisa langsung bereksplorasi, berinteraksi, bahkan berkreasi dengan memanfaatkan sumber belajar di sekitarnya.


Penggunaan bahan-bahan alami pada proses pembuatan ecoprint ini membuat motif yang dihasilkan di setiap kainnya memiliki warna dan corak yang berbeda meskipun menggunakan jenis daun dari tumbuhan yang sama hal ini dikarenakan beberapa faktor, bentuk daun yang relatif tidak sama dan salah satunya juga teknik ecoprint yang digunakan. Jika di lihat dari cara pembuatan motifnya, teknik ecoprint dibedakan menjadi 3 yaitu:

🌺 Teknik Pounding (Dipukul)

Pounding Printing merupakan teknik pembuatan motif pada kain dengan cara di pukul. Proses pengerjaan kain dengan teknik pounding ini sangat sederhana sehingga banyak yang menggunakan cara ini untuk membuat ecoprint.

🍁 Teknik Steaming (Dikukus)

Sesuai dengan namanya untuk menghasilkan jejak pewarnaan daun ini dilakukan dengan cara mengukus lembaran kain yang sudah di tempeli berbagai daun.

🌿 Teknik fermentasi daun

Selain kedua teknik diatas, ecoprint dapat dilakukan dengan menggunakan teknik fermentasi yaitu bagian tumbuhan lain atau daun yang mengandung pigmen pewarna alami direndam di air cuka agar warna yang dhasilkan dikain itu bisa terlihat jelas.

Pembuatan motif kain (Totebag) dengan teknik ecoprint ini dapat menjadikan siswa memiliki kreatifitas yang tinggi sehingga dapat menjadikan produk ecoprint sebagai pilihan untuk menambah trend tas di masyarakat.



Desain totebag ini mencerminkan keindahan dan kreativitas alam, dan setiap karya seni alam semacam itu menjadi wujud keunikan yang unik bagi pemiliknya. Ekologis dan ramah lingkunganTotebag ecoprint berperan dalam mengurangi dampak negatif pada lingkungan karena menggunakan pewarna alami dan bahan-bahan organik. Proses ekoprinting mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya dan meminimalkan limbah yang dihasilkan dalam pencetakan kain. Dengan memilih totebag ini, kita juga berkontribusi dalam mendukung prinsip-prinsip keberlanjutan dan melestarikan keindahan alam.

Pesan Keanekaragaman dan Keharmonisan, setiap Totebag ini mengandung pesan yang dalam tentang keanekaragaman dan keharmonisan alam. Motif-motif alami yang tercetak pada totebag mengingatkan kita akan keragaman tumbuhan dan makhluk hidup lainnya di dunia ini. Totebag ini menjadi simbol pentingnya menjaga keseimbangan alam dan keindahan yang ada di sekitar kita.

Selain sebagai karya seni, Totebag ini juga berfungsi sebagai tas yang praktis dan ramah lingkungan untuk digunakan sehari-hari, seperti saat berbelanja, berpergian, atau kegiatan lainnya.




Totebag ecoprint adalah karya seni yang menghadirkan keindahan alam. Proses ekoprinting yang ramah lingkungan dan keunikan desain setiap totebag mencerminkan kreativitas alam yang tak terbatas. Memilih totebag ecoprint bukan hanya menambah gaya dan keindahan dalam gaya hidup, tetapi juga menjadi bentuk dukungan dalam melestarikan keindahan dan keanekaragaman alam. (Lyn-Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar