Arsip Blog

Kamis, 02 Mei 2024

Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024

Samarinda - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) adalah hari dari jati diri bangsa, dimana hari pendidikan bisa menggambarkan atau ruh dari bangsa kita, bangsa yang besar adalah bangsa yang peduli akan pendidikan, dan pendidikan adalah modal awal dari perkembangkan bangsa.

Tanggal 2 Mei bangsa Indonesia memperingati hari pendidikan nasional. Tanggal 2 Mei dijadikan sebagai hari lahirnya pendidikan di Indoensia yang diambil dari hari lahir salah satu tokoh perjuangan pendidikan di Indonesia. Ki Hajar Dewantara atau Raden Mas Soewardi dan mendedikasikan dirinya untuk pendidikan, di kala itu tahun 1922 Ki Hajar Dewantara mendirikan institusi pendidikan yang bernama Sekolah kerakyatan di Yogyakarta. Sebuah perjuangan yang mulia dan juga tidak mudah.




Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang biasa jatuh setiap tanggal 2 Mei. SMP Negeri 9 Samarinda, melaksanakan Upacara Bendera Hardiknas 2024 pada hari Kamis, 2 Mei 2024. Berdasarkan dengan Surat Edaran yang telah diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).






Peringatan Upacara Hari Pendidikan Nasional pada tahun ini pun, berlangsung dengan lancar dan khimat. Salah satu rangkaian kegiatan ini yaitu membacakan naskah pidato Peringatan Hardiknas 2023  dari Menteri Pendidikan Bapak Nadiem Makarim. Isi dari kutipan pidato beliau salah satunya yaitu, "Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan. Kemudian, ketika langkah kita mulai serempak, kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis. Pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat". 





Di Hari Pendidikan Nasional, mari kita bersama merajut Indonesia yang lebih cerdas, kritis, dan berkarakter melalui pendidikan yang bermartabat

🇮🇩 Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024 🇮🇩

Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar.

Semoga pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, dijadikan sebagai tonggak perubahan ke arah yang lebih baik. Menjadi bangsa yang pintar dan bermartabat, yang akan membawa kepada kemajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia. (Lyn-Humas)


Serangkaian kegiatan ini, dapat dilihat melalui link video YouTube berikut ini : https://youtu.be/FSqykmHxG6E?si=j7hBzBNexUUG8cNl



#smpn9samarinda 

#hardiknas2024 

#merdekabelajar




Tidak ada komentar:

Posting Komentar