Arsip Blog

Sabtu, 12 Oktober 2024

Mengolah Minyak Jelantah (Milan) P5 Kelompok 1 Kelas 7 SMPN 9 Samarinda Tahun 2024

Samarinda - Siswa kelas 7 SMP Negeri 9 Samarinda membuat inovasi menggunakan minyak jelantah dalam menerapkan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Dalam mempraktikkan P5, SMP Negeri 9 Samarinda melakukan aksi gerakan ramah lingkungan dengan mengajak siswa mengolah limbah rumah tangga minyak jelantah menjadi sabun cuci dan lilin aroma terapi. Kegiatan Projek Penguatan Pelajar Profil Pancasila (P5) ini berlangsung selama lima hari dari tanggal 23 - 27 September 2024.

“Proyek ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasah kemampuan siswa dalam berkreasi dan bernalar kritis sekaligus menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan sosialnya,” jelas Ibu Yayuk Sri Rahayu selaku ketua tim projek kelompok 1 kelas 7. Dengan mengusung Tema Kewirausahaan ~ Pengolahan Minyak Jelantah (Milna).



Projek P5 Kelompok 1 Kelas 7 yaitu mengolah minyak jelantah menjadi sabun cuci. Bahan yang dibutuhkan berupa minyak jelantah, arang, soda api, dan air. Sedangkan peralatan yang butuhkan adalah baskom plastik dan spatula kayu.

Pak Adi Bugman, mengatakan proses pembuatannya sangat sederhana. Dimulai dengan merendam minyak jelantah dengan arang selama 24 jam untuk menghilangkan bau dan zat pengotor lainnya. Kemudian, minyak disaring menggunakan kaos bekas sehingga minyak jelantahnya menjadi jernih.

Lalu, masukkan soda api (NaOH) sebanyak 128 gram ke dalam air 360 ml. Hal yang perlu diperhatikan adalah soda api yang dimasukkan ke dalam air, bukan sebaliknya. Hal itu karena reaksi yang dihasilkan adalah reaksi eksoterm atau menghasilkan panas.

Setelah panasnya agak turun, larutan soda api dimasukkan ke dalam minyak jelantah yang telah ditempatkan di dalam wadah. "Kemudian diaduk sampai merata. Setelah itu ditambahkan pewangi (fragrance oil), dikocok sampai mengental," ujarnya.




Jika sudah, bisa ditambahkan warna sesuai selera kemudian dituang ke dalam cetakan sabun. "Diamkan selama 24 jam sehingga adonan akan mengeras dan dikeluarkan dari cetakan. Lalu, sabun siap digunakan untuk mencuci kain,"

Sedangkan untuk membuat lilin aromaterapi bahan yang dibutuhkan adalah minyak jelantah, strearin acid, esensial oil dan crayon. Proses pembuatannya dimulai dengan memanaskan minyak jelantah terlebih dahulu, kemudian setelah minyaknya hangat ditambahkan strearin acid diaduk sampai merata.

Setelah itu, tambahkan crayon yang telah diserut halus sampai tercampur rata, setelah itu ditambahkan esensial oil dan dituang ke dalam cetakan lilin. Lebih kurang 24 jam, lilin akan mengeras dan siap digunakan.




Tujuannya P5 yakni membentuk siswa agar berpikir kritis, mandiri, kolaborasi serta memiliki kemampuan memecahkan masalah. Para siswa jadi lebih semangat ketika ada proyek yang dikerjakan bersama. 

Berdasarkan hasil pemantauannya, model pembelajaran praktik dinilai dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terutama untuk mata pelajaran IPA. Selain itu, juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengintegrasikan pengetahuan, menambah wawasan, serta menguatkan karakter siswa.










Kemudian, dari sisi guru, manfaat Kurikulum Merdeka yakni dapat membantu dalam memilih strategi pengajaran yang tepat dengan materi pembelajaran, efektif, dan menyenangkan.

Sedangkan dari sisi peserta didik, metode pembelajaran praktikum ini dapat mengembangkan kreativitas sesuai dengan bakat dan minat siswa. 

Awalnya siswa menganggap minyak jelantah sudah tidak berguna, namun setelah melakukan praktikum tersebut, akhirnya jadi tahu ternyata minyak jelantah bisa diproses ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat. (Lyn-Humas).

https://youtu.be/3FQl0VehLBI?si=lgJkb3hBVbduxrp0

https://youtu.be/Iz8so-Ptca0?si=kmOzpisLu_66IzQG

https://youtu.be/aa0WRR2AdM0?si=z1Nnqerqh8hjSPAo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar