Arsip Blog

Jumat, 22 November 2024

Bijak Dalam Bermedia Sosial P5 Kelompok 2 Kelas 9 SMP Negeri 9 Samarinda Tahun 2024

Samarinda - Beberapa tahun belakangan ini perkembangan internet sangat pesat. Terutama perkembangan media sosial banyak bermunculan media-media sosial yang baru. Bahkan media sosial yang telah lama eksis, terus melakukan pembaruan dan upgrade perangkat. Oleh sebab itu, sebagai pengguna media sosial kita harus bijak dalam menggunakannya. Kelompok 2 kelas 9 melaksanakan kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila dengan mengusung Tema "Rekayasa dan Teknologi" dengan Judul "Bijak dalam Bermedia Sosial".  Tujuannya memberikan edukasi kepada siswa untuk menggunakan media sosial dengan bijak dan lebih mengenal media sosial yang biasa digunakan siswa. Sedangkan Dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu Gotong Royong dan Kreatif. Dimana kegiatan ini berlangsung selama lima hari dari tanggal 18-22 Nopember 2024. Yang diketuai oleh Ibu Resti Nucivera, S.Pd


















Projek kali ini tentang media sosial yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan projek P5 kali ini membahas tentang media sosial yang sering digunakan siswa. Siswa harus mengenal media sosial yang biasa mereka gunakan, bagaimana dampak baik dan buruknya, dan manfaatnya. Materi yang akan dibahas yaitu sejarah media sosial, perkembangan media sosial, tujuan, manfaat,  dampak positif dan negatifnya, dan beberapa hal lain yang dianggap perlu.











Adapun tahap kegiatan terbagi menjadi empat bagian yaitu: 

✍️ Pengenalan

Tahap pertama ini siswa mencari segala informasi yang berhubungan dengan internet dan media sosial.

✍️ Kontekstualisasi

Pada tahap ini siswa mencari dampak positif, negative, dan permasalahan yang sering terjadi terkait penggunaan media sosial.

✍️ Aksi

Siswa merangkum materi-materi yang mereka cari, dan membuat pop up dari rangkuman tersebut. Siswa juga membuat poster, serta video tentang himbauan bermedia sosial yang baik.

✍️ Refleksi

Setiap kelas menampilkan karya yang sudah dibuat.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar